Minggu, 28 Oktober 2007

Bab5 No. 1

1.Dalam hal moral, etika dan hukum, yang mana yang Anda pikir paling seragam dari satu negara ke Negara lain? Yang mana yang kurang seragam?
Jawab :
•Yang paling seragam dari satu negara kenegara lainnya adalah moral. Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai suatu perilaku benar atau salah. Moral adalah institusi sosial dengan suatu sejarah dan daftar peraturan. Walaupun berbagai masyarakat tidak mengikuti satu set moral yang sama, tetapi terdapat keseragaman kuat yang mendasar seperti “Jangan menarik rambut saudarimu”, dan “Ucapkan Terimakasih”.
•Sedangkan etika dan hukum kurang seragam. Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu ethics yang berarti karakter. Etika adalah satu set kepercayaan, standar, atau pemikiran yang mengisi satu individu, kelompok atau masyarakat. Etika dikategorikan kurang seragam dari satu negara ke negara lainnya, karena setiap karakter dari masyarakat satu dengan yang lain sangat. Hukum adalah peraturan perilaku formal yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah, pada rakyat atau pada negaranya. Hukum dikategorikan kurang seragam karena setiap negara memiliki peraturan sendiri-sendiri untuk mengatur rakyatnya.